Ringkasan Khotbah

6
Nov 2022
Yohanes 3:16
Ev. Surya Supeno

Tuhan berbicara kepada kita dengan berbagai cara, asal kita mau memperhatikan. Kalau kita mempercayai Firman-Nya, maka Firman-Nya akan terjadi dalam hidup kita. Firman Tuhan kalau kita resapi, akan berkuasa dalam hidup kita. Dalam Yohanes 3:16, kita akan beroleh hidup yang kekal kalau kita percaya kepada-Nya. Hidup kekal di dalam sorga, bukan neraka. Orang sakit yang mengalami kesembuhan akan sangat bersukacita, tapi kalau tidak percaya Tuhan, tidak akan beroleh hidup kekal. Firman Tuhan itu adalah hidup yang kekal (Yoh. 6:68). Karena itu jangan sampai kita memilih-milih Firman Tuhan yang mau kita dengar/baca. Sering kita merasa bahwa Tuhan sulit untuk ditemui, padahal kita sendiri yang tidak mau datang kepada-Nya dan membaca Firman-Nya. Sering kita datang pada Tuhan hanya saat kita mengalami kesusahan, dan lupa akan Tuhan ketika kita sedang senang. Tapi dengan sabar-Nya dan kasih karunia-Nya Dia selalu menerima kita kembali dan mengasihi kita. Mari kita jadi orang-orang yang menghargai Tuhan dan tidak mempermainkan-Nya. Banyak murid Tuhan yang akhirnya mengundurkan diri dan meninggalkan Tuhan karena tidak mengerti akan Firman-Nya (Yoh. 6:66).

Contoh: kesaksian hidup Ev. Surya Supeno ketika mengalami sakit kanker Pankreas, diprediksi umur tidak akan panjang, namun Tuhan berfirman secara pribadi kepada istrinya bahwa umur dia (Ev. Surya Supeno) akan panjang (Maz. 91:14-16). Berobat ke Amerika, dengan biaya yang sangat besar, namun mengalami penyediaan Tuhan lewat cover insurance. Mengalami penglihatan lewat mimpi bahwa sudah disembuhkan Tuhan. Keadaan masih belum sembuh, masih menjalani kemoterapi. Di masa-masa itu, mendapat kesempatan untuk melayani khotbah lewat zoom, khotbah yang dibagikan tentang Yesaya 40:31, ternyata yang terberkati tidak hanya gereja yang dilayani tetapi juga Ev. Surya Supeno sendiri yang melayani pemberitaan khotbahnya. Walaupun dalam kondisi setelah menjalani kemoterapi, beliau malah menjadi kuat dan tubuhnya tidak mengalami kerusakan tulang, dll. Setelah menjalani operasi, juga mengalami kesembuhan dan pemulihan yang luar biasa dari Tuhan. Beliau mengalami Firman Tuhan.

Kita semua juga bisa mengalami Firman Tuhan, karena Tuhan Allah yang baik luar biasa terhadap semua orang yang percaya kepada-Nya. Firman Tuhan itu hidup, mari kita merangkul dan memegang teguh Firman Tuhan dalam hidup kita sehingga kita pun boleh mengalami kehidupan dalam Tuhan. Amin. Tuhan memberkati!

4
Des 2022
Bp. Natanael Sugiarto
27
Nov 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
20
Nov 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
13
Nov 2022
Bp. Bambang Sulistyo