Ringkasan Khotbah

19
Des 2021
Roma 10:14-15
Bp. Bambang Sulistyo

Ada 5 tingkatan orang bisa percaya Yesus dan mengandalkan Yesus. Dalam Roma 3:6 disebutkan bahwa semua orang telah berbuat dosa. Artinya, setelah Adam jatuh ke dalam dosa, maka semua manusia itu berdosa. Manusia mencari cara agar dirinya selamat dan tidak masuk ke neraka karena dosa warisan. Kita akan fokus pada cara yang diajarkan Alkitab agar kita beroleh keselamatan. Dalam Roma 10:10-11, dikatakan bahwa orang yang percaya dengan hati pasti mengaku dengan mulutnya. Jadi jelaslah syarat keselamatan  berdasarkan kitab Roma yaitu harus percaya dengan hati dan mengaku dengan mulut. Apakah kita sudah memenuhi syarat tersebut? Jika belum maka kita harus berbenah diri, namun jika sudah, kita dapat melihat ke sekeliling kita siapakah yang dapat kita bantu agar mengerti dan menemukan keselamatan.

Bagaimana orang bisa mencapai tahap percaya dengan hati dan mengaku dengan mulut? Ada lima tingkatan (Roma 10:14-15).

1. Diutus. Kata diutus mengacu kepada semua orang percaya. Kita semua adalah utusan Allah untuk memberitakan kabar bahwa Yesus adalah Tuhan. 

2. Beritakan. Bagian kita adalah untuk menyampaikan kabar keselamatan, bukan untuk menyelamatkan. Tuhanlah yang menyelamatkan.

3. Dengar. Ini adalah bagian dari orang yang kita beri kabar keselamatan. Jika orang itu mau mendengar, maka ada kesempatan bagi injil untuk masuk ke dalam hatinya dan bekerja mengubahkan.

4. Percaya. Pada tingkat inilah yang akan menentukan apakah orang tersebut akan menerima keselamatan atau tidak. Tanpa percaya, orang tidak dapat beroleh keselamatan. Bukam karena menjadi Kristen kita selamat, tapi karena kita percaya dengan hati.

5. Berseru. Tidak hanya percaya dengan hati namun kita juga harus berseru dan mengaku dengan mulut bahwa Yesus adalah Tuhan. 

Menginjil adalah karunia dari Tuhan (Efesus 4:11-12). Jangan kita berkecil hati jika mungkin kita tidak punya karunia menginjil, tapi hari ini kita tahu bahwa kita adalah utusan dan hidup kita ini adalah injil yang terbuka. Biarkan melalui hidup kita ini orang-orang dapat melihat dan mengenal Yesus. Amin. Tuhan memberkati!

23
Jan 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
16
Jan 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
9
Jan 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
2
Jan 2022
Bp. Bambang Sulistyo