Ringkasan Khotbah

28
Nov 2021
Roma 1:16-17
Bp. Natanael Sugiarto

Ada beberapa kejadian nyata di dunia dimana ada orang-orang yang berhasil, kaya, dan punya jabatan tinggi namun mengakhiri hidupnya dengan jalan bunuh diri. Tentunya hal ini bukanlah yang diinginkan oleh Allah untuk kita tempuh sebagai orang-orang yang percaya kepada-Nya. Kita dibenarkan oleh darah Kristus(Roma 5:9). Kita dibenarkan oleh firman Tuhan (Yohanes 17:17). Hidup kita ini diawali dengan iman, dijalani dengan iman, dan diakhiri sampai nafas terakhir juga dengan iman. Itulah yang Tuhan kehendaki bagi kita orang percaya. Dalam Alkitab, kita dapat melihat seorang perwira yang punya iman pada Yesus (Lukas 7:7), imannya membuat Yesus heran dan kagum (Lukas7:9), hasil dari iman tersebut adalah kesembuhan sesuai yang diimaninya (Lukas 7:10).

Bagaimana supaya iman kita kuat, teguh dan kokoh dalam kondisi apapun?

1. Kesukaannya ialah taurat Tuhan (Mazmur 1:2-3). Firman Tuhan yang kita terima harus kita dengarkan, renungkan, dan lakukan, maka iman kita pasti akan kokoh. Mendengarkan firman Tuhan akan mempengaruhi jiwa dan iman kita (Roma 10:17). Kita tahu dan percaya bahwa firman Allah tidak mungkin gagal (Roma 9:6a). Dengan membaca dan melakukan firman-Nya dapat menjadi jawaban dari pergumulan kita.Jika kita berdoa, maka mintalah agar iman kita semakin ditambahkan, itulah yang utama dalam hidup kita (Lukas17:5, 22:31-32). Apa hasilnya jika iman kita terus ditambahkan? Iman kita menjadi kesaksian bagi kemuliaan nama Allah dan kita menjadi terang Kristus (Roma 1:8, Lukas 18:8). Kita harus senantiasa memeriksa apakah dalam diri kita ada iman kepada Tuhan dan Kristus ada di dalam diri kita (2 Korintus 13:5), Iman yang kita miliki juga harus kita ajarkan dan teruskan kepada anak cucu (2 Timotius 1:5).

2. Kesukaannya ialah takut akan Tuhan (Yesaya 11:2-3). Banyak hal-hal jahat dan buruk yang terjadi diakibatkan oleh orang yang tidak takut akan Tuhan. Kita dapat berpegang pada janji Tuhan atas kita sebagai orang-orang yang takut akan Dia (Mazmur 34:8-11). Janji-Nya adalah ya dan amin! Berlaku bagi kita semua. Amin. Tuhan memberkati!

23
Jan 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
16
Jan 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
9
Jan 2022
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
2
Jan 2022
Bp. Bambang Sulistyo