Ringkasan Khotbah

10
Mei 2020
Wahyu 6:1-17
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.

Ada pertanyaan, kira-kira kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kali kapan ya? Firman Allah mengatakan dengan jelas, untuk waktu yang tepat, kedatangan Tuhan Yesus kali yang kedua tidak ada yang tahu. Firman Allah berkata kepada kita bahwa tidak ada yang tahu kapan Yesus datang. Yesus hanya memberi tahu tanda-tandanya kapan Yesus datang kedua kali. Yesus datang kedua kali ada 2 tahap, yang pertama Yesus datang di awan-awan,dan Yesus datang di muka bumi, menginjakkan kaki di muka bumi, itu adalah 2 hal yang berbeda. Firman Allah mengatakan di dalam kitab Wahyu,kedatangan Yesus harus didahului dengan 7 meterai dan 7 sangkakala selesai, baru Yesus datang di awan-awan.

Tujuh Meterai di kitab Wahyu pasal 6, sebagai berikut:

Meterai yang pertama (Wahyu 6:1-2): Tampak Kuda Putih, penunggangnya memegang panah dan mencapai kemenangan yang maksimal, dan di muka bumi ini akan banyak jiwa yang bertobat.

Meterai yang kedua (Wahyu 6:3-4): Tampak Kuda Merah Padam. Penunggangnya diberi kuasa untuk mencabut damai sejahteradan akan membunuh, artinya terjadi peperangan, terjadi pertempuran, bangsa melawan bangsa, kerajaan melawan kerajaan.

Meterai yang ketiga (Wahyu 6:5-6): Tampak Kuda Hitam. Penunggangnya memegang timbangan di tangannya, pada waktu itu ditandai dengan harga barang-barang menjadi mahal, terjadi kesulitan dalam ekonomi, kelaparan,dan kelangkaan bahan makanan

Meterai yang keempat (Wahyu 6:7-8): Tampak Kuda Hijau Kuning.Saat itu ditandai dengan terjadinya kekerasan, penyakit menular,dan terjadi monopoli.

Meterai yang kelima (Wahyu 6:9-10): Jiwa-jiwa di bawah mezba, akan terjadi penganiayaan karena Nama Yesus. Banyak sekali orang percaya terbunuh/martir.

Meterai  yang keenam (Wahyu 6:12-17): Terjadi gempa bumi di beberapa tempat, terjadi goncongan-goncangan.

Meterai ketujuh: Tampak 7 malaikat membawa 7 sangkakala, siap meniupkannya, tentunya setiap sangkakala ditiup akan dibarengi dengan terjadinya peristiwa demi petistiwa, tetapi ingatlah, berita kedatangan Tuhan Yesus kali yang kedua bukan menakuti, tetapi berita penghiburan (1 Tes.  4:18).Amin!

5
Jul 2020
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.
28
Jun 2020
Ps. Benny Yulianto, S. Th.
21
Jun 2020
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
14
Jun 2020
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.