Liputan Video

Fall in Love or Loving

Kidung Agung 3:1

 

 

Tahukah Anda bahwa jatuh cinta dan mencintai adalah dua hal yang berbeda.


Kidung Agung 3:1 mengatakan “Di atas ranjangku pada malam hari kucari jantung hatiku. Kucari jantung hatiku. Kucari, tetapi tak kutemui dia.


Ini menggambarkan mempelai wanita yang sedang tidur lalu dia bermimpi kehilangan kekasihnya. Lalu dia mencari di dalam mimpinya. Di jalan-jalan, di lapangan-lapangan. Dia bertanya kepada orang-orang yang keliling ronda malam. “Lihat jantung hatiku tidak?” Ketika dia bertanya, eh ternyata jantung hatinya ada di situ. Lalu kemudian di pegangnya dan dibawanya ke rumahnya.


Saudara sekalian, kata jantung hati ini menggambarkan bahwa perasaan mempelai wanita yang sedang jatuh cinta kepada mempelai pria. Dan ini merupakan sebuah hal yang sangat indah. Membicarakan mengenai hal-hal yang romantis tentu saja akan mengingatkan Anda ketika Anda pertama kali jatuh cinta. Dan itu bisa membuat Anda senyum-senyum sendiri. Bukankah begitu orang yang sedang jatuh cinta?


Tetapi Anda perlu tahu bahwa jatuh cinta itu beda dengan mencintai. Orang yang sedang jatuh cinta itu penuh dengan keinginan untuk mengasihi, melakukan yang terbaik, terus kemudian bahkan rela berkorban bagi orang-orang yang mereka cintai.


Tetapi perasaan itu tidak akan pernah bisa menjadi sebuah tindakan yang benar-benar nyata tanpa sebuah komitmen. Mencintai bukan hanya sekedar perasaan. Mencintai itu benar-benar ada komitmen di dalamnya. Orang tidak hanya sekedar merasa ingin membahagiakan, ingin memberkati, ingin memberi yang terbaik. Orang yang mencintai bahkan dia rela berkorban demi kebahagiaan orang-orang yang dikasihinya.


Mencintai itu dibuktikan dengan tindakan. Perasaan jatuh cinta bisa menipu orang. Dia berkata dia mencintai kekasihnya tetapi kalau tindakannya tidak sesuai dengan apa yang dia katakan maka itu bukanlah mencintai. Anda harus bisa melihat perbedaannya. Fall in love, falling in love or being in love. Anda jatuh cinta atau Anda mencintai.

 

Pada saat ini marilah kita ambil satu dua menit ke depan untuk merenungkan sebenarnya saat ini Anda jatuh cinta kepada pasangan Anda, sekedar jatuh cinta atau pernah jatuh cinta atau Anda mencintai mereka? Dua hal itu berbeda.

Tuhan memberkati!

17
Feb 2019
Ps. Marcel Kanon
10
Feb 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
3
Feb 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
20
Jan 2019
Ps. Benny Yulianto, S. Th.