Liputan Video

Menggarami Lautan

Amsal 9:8

 

Shalom Saudara sekalian!

Anda pasti pernah mendengar sebuah peribahasa yang mengatakan menggarami lautan. Itu menggambarkan sebuah tindakan yang percuma. Sebab garam berasal dari laut. Dan di laut ada banyak garam. Tapi kenapa kita kasih garam kesana? Tidak ada gunanya.

Amsal 9:8 mengatakan “Janganlah mengecam seorang pencemooh supaya engkau jangan dibencinya. Kecamlah orang bijak maka engkau akan dikasihinya.

Saudara, pada saat kita memberikan nasihat, teguran kita harus memastikan memberi nasihat atau menegur orang yang tepat. Yaitu orang yang rendah hati dan mau menerimanya. Sehingga orang itu berterima kasih kepada kita. Menghargai apa yang kita katakan.

Tetapi jangan pernah kita memberikan nasihat atau teguran kepada orang yang merasa dirinya sudah benar, merasa dirinya sudah hebat, merasa dirinya sudah tahu firman Tuhan dan yang lain sebagainya. Sebab nasihat kita akan dihinanya. Oleh karena itu kita harus belajar. Ketika kita memberi nasihat kepada orang, pikirkan apakah orang yang akan kita nasehati itu mau menerima nasihat kita atau tidak. Jika tidak lebih baik tidak usah ngomong. Mendingan kita berhati-hati. Sebab kita mungkin malah dibenci oleh orang tersebut.

Mari kita beri nasihat, teguran atau ajaran kepada orang-orang yang memang mau menghargainya. Dengan demikian kata-kata yang kita keluarkan tidak akan sia-sia. Tetapi sungguh-sungguh berguna membangun hidup orang lain.

Tuhan mengasihi saudara sekalian!

14
Apr 2019
di Ruang Baptis
Pkl. 11:00
22
Apr 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 18:00
28
Apr 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 08:30
24
Mar 2019
Ps. Ary M. Wibowo (JPCC)
17
Mar 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
10
Mar 2019
Ps. Rizki Madayu, S. S.
3
Mar 2019
Ev. Suryo Supeno