Liputan Video

Mengapa Diulang

Amsal 7:5

 

Shalom Saudara sekalian!

Ada banyak orang bertanya-tanya mengapa pengajaran itu harus diulang-ulang?

Coba kita lihat Amsal 7:5 berkata begini “Supaya engkau dilindunginya terhadap perempuan jalang, terhadap perempuan asing yang licin perkataannya.

Saudara, peringatan mengenai agar kita tidak jatuh dalam godaan seksual atau romantisme ini diulang-ulang dalam 7 pasal dalam kitab Amsal ini. Diulang-ulang terus. Kenapa kok diulang? Karena memang banyak orang yang meskipun sudah diberitahu tetap saja jatuh ke dalam lubang tersebut.

Di dalam ayat-ayat yang selanjutnya dikatakan karena suatu waktu aku melihat dari kisi-kisi jendela rumahku, aku melihat ada seorang muda yang tidak berpengalaman dirayu oleh seorang perempuan yang sudah menikah, dia berkata suamiku ga di rumah dan lain sebagainya. Akhirnya orang muda itu tetap saja jatuh.

Saudara, di dalam kehidupan kita meskipun kita sudah diperingatkan bukankah seringkali kita tetap jatuh ke dalam dosa di mana kita sudah mendapatkan pengajaran tentang hal itu?

Saudara sekalian, pengulangan itu sebetulnya tidak terlalu buruk, pengulangan itu bahkan baik. Kenapa pengajaran perlu diulang-ulang? Itu menolong kita agar sungguh-sungguh menanamkan nilai yang baik dalam diri kita.

Sesuatu memang kalau diulang-ulang lebih tertanam, lebih tertancap, membekas dalam sanubari kita dan itu akan membuat kita betul-betul hidup dalam nilai-nilai tersebut.

Oleh karena itu, jangan pernah bosan ketika Anda mendengar pengajaran yang diulang-ulang, atau mungkin beberapa renungan atau khotbah. Jangan pernah berkata “Aku sudah tahu.” Sebab yang penting bukan Anda atau saya sudah tahu. Yang penting adalah apakah kita sudah berubah atau belum?

Jadi, diulang pelajaran-pelajaran itu baik bagi kita.

Tuhan memberkati!

14
Apr 2019
di Ruang Baptis
Pkl. 11:00
22
Apr 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 18:00
28
Apr 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 08:30
24
Mar 2019
Ps. Ary M. Wibowo (JPCC)
17
Mar 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
10
Mar 2019
Ps. Rizki Madayu, S. S.
3
Mar 2019
Ev. Suryo Supeno