Liputan Video

Jalang

Amsal 5:10-11

 

Shalom Saudara sekalian!

Kalau kita melihat kata jalang, jalang itu berarti adalah orang yang punya kecenderungan untuk berlaku liar atau melanggar nilai-nilai moral dan etika.

Di dalam Amsal 5 diberikan peringatan agar para pria tidak jatuh ke dalam godaan wanita yang jalang. Yang biasanya karena menginginkan harta atau mempunyai kepentingan yang lain, kemudian mereka menggoda pria-pria yang lemah, jatuh dalam pelukan mereka dan kemudian diambil hartanya dan bahkan kesehatannya pun bisa rusak karenanya.

Peringatan ini tentu saja bukan hanya bagi para pria tetapi pada wanita-wanita. Hati-hati dengan perkataan manis, karena pria-pria yang berlaku demikian pun juga banyak.

Ayat yang ke 10-11 dikatakan “Supaya orang lain jangan mengenyangkan diri dengan kekayaanmu dan hasil susah payahmu jangan masuk ke rumah orang yang tidak dikenal. Dan pada akhirnya engkau akan mengeluh kalau daging dan tubuhmu habis binasa.

Biasanya penyesalan datang terlambat.

Saudara sekalian, ada orang-orang yang kena bujuk rayu dengan perkataan yang manis, kata-kata sayang dan yang lain sebagainya. Itu sangat menjatuhkan. Kalau Anda bertemu dengan orang yang bertampang cantik, seksi dan berwajah lembut ataupun pria yang berwajah ganteng, kulit putih, tinggi dan kekar. Rata-rata orang tidak waspada. Apalagi dengan perkataan-perkataan yang manis

Saudara sekalian, kita harus waspada. Kita harus hati-hati. Jangan sampai kita celaka karena kita tidak waspada.

Saudara sekalian, memang godaan itu dari depan kelihatannya menyenangkan, tetapi ketika terus diikuti, dikatakan itu yang tadinya manis seperti madu bisa berubah menjadi pahit seperti empedu.

Saudara sekalian, Alkitab mengajarkan agar kita setia pada pasangan kita. Di ayat-ayat berikutnya dikatakan bahwa “Minum air dari kulahmu sendiri, dari sumurmu sendiri, jangan cari sumber yang lain.” Oleh karena itu mari Saudara yang sudah mempunyai pasangan, setialah pada pasanganmu, jangan terbujuk rayu oleh orang lain. Bagi Saudara yang belum mempunyai pasangan, hati-hati dengan siapa Anda bertemu. Pilihlah orang yang benar sesuai dengan firman Tuhan yang memberi pedoman dalam kehidupan kita sehingga hidup kita berbahagia.

Penyesalan datang selalu terlambat. Maka sebelum terlambat maka pastikan kita mengikuti jalan firman Tuhan dengan teliti.

Tuhan memberkati!

14
Apr 2019
di Ruang Baptis
Pkl. 11:00
22
Apr 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 18:00
28
Apr 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 08:30
24
Mar 2019
Ps. Ary M. Wibowo (JPCC)
17
Mar 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
10
Mar 2019
Ps. Rizki Madayu, S. S.
3
Mar 2019
Ev. Suryo Supeno