Ringkasan Khotbah

15
Des 2019
Matius 25:14-30
Ps. Benny Yulianto, S. Th.

Segala sesuatu yang ada pada kita, baik itu harta, usaha, pekerjaan, keluarga,maupun kesehatan, seringkali kita beranggapan seolah-olah itu semua adalah milik kita dan ada di dalam kuasa kita, sehingga akhirnya kita memperlakukan/menggunakannya semau kita sendiri. Hal itu tidak benar. Dalam firman Tuhan, manusia diciptakan atas kehendak Tuhan dan atas inisiatif Tuhan sendiri (Kejadian 2:15). Manusia ada adalah karena kehendak Tuhan dan Tuhan juga menghendaki manusia untuk memelihara Taman Eden.

Kalau kita melayani di gereja atau kerja di ladang Tuhan, kita bisa punya sikap takut akan Tuhan, jujur,dan tanggung jawab,maka sebenarnya ketika kita kerja di sekuler/perusahaan kita juga harus bisa menunjukkan sikap jujur, disiplin, dan semangat. Tapi kenyataannya, walaupun banyak orang Kristen yang sungguh-sungguh dalam pelayanan di gereja, namun ada juga beberapa orang yang tidak sungguh-sungguh, bahkan tidak jujur dan bekerja semaunya sendiri.

Bagaimana hidup yang bertanggung jawab:

1. Kerjakan apa yang dipercayakan Tuhan sesuai dengan kesanggupan kita (Matius 25:15). Tuhan itu adil dan segala yang dipercayakan Tuhan kepada kita sudah sesuai dengan kemampuan/kadar kita masing masing. Bersyukurlah dengan apa yang ada pada diri kita dan jangan melampaui, maka kita akan beroleh apa yang berkenan kepada-Nya (1Tesalonika 5:18).

2. Mengerjakan apa yang dipercayakan Tuhan secara maksimal (Matius25:23). Lakukan segala sesuatu yang kita kerjakan sesuaidengan apa yang dikehendaki Tuhan sebagai Tuan atas hidup kita dan bukan sesuai kehendak kitasaja. Sehingga dengan begitu, kita akan menemui ada suasana Sorga di tengah-tengah kita bekerja, berkeluarga, bersekolah, dll. Ada suasana Sorga di bumi seperti di Sorga (Mat. 6:10).

3. Tidak mengabaikan apa yang telah dipercayakan-Nya (Matius25:30).Kerjakan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh dan berikan yang terbaik sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada Tuhan (Kolose3:23).

Tuhan memberkati. Amin!

23
Feb 2020
di Ruang Ibadah
Pkl. 09:00
8
Mar 2020
di Ruang Baptis
Pkl. 11:00
16
Feb 2020
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
9
Feb 2020
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.
2
Feb 2020
Ps. Benny Yulianto, S. Th.
26
Jan 2020
Pdt. Guana Tandjung