Ringkasan Khotbah

8
Des 2019
Lukas 1:1-4
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.

Lukas menulis Injil dengan teliti dan akurat. Lukas sudah mempelajari dan meneliti dari Kejadian sampai Maleakhi dan dalam pribadinya menemukan kebenaran. Lukas menulis kisah kelahiran, pelayanan, kematian,dan kebangkitan-Nya dengan seksama dan teratur, sehingga iasudah menemukan kebenaran. Kebenaran yang sejati sudah mengakar dalam hatinya sehingga kebenaran yang ada dalam kehidupannya tidak untuk diri sendiri saja melainkan juga untuk diajarkan kepada Teofilus.

Siapakah Lukas? (2 Timotius 4:11) Lukas adalah rekan sekerja dari Pulus, Petrus dan para rasul. Yang perlu diteladani dari Lukas yaitu bahwa ia tidak mau menyampaikan kabar bohong. Lukas kalau berkata-kata tidak sembarangan, dalam perkataan,ia mengatakan kebenaran sehingga banyak orang juga percaya apa yang diucapkannya. Dalam Matius 28:11-15, Makamah Agama jelas salah, penjaga kubur berkata bahwa Yesus sudah bangkit, tetapi Makamah Agama bilang bahwa jenazah Yesus dicuri oleh murid-murid-Nya. Dan sesudah berunding dengan tua-tua, mereka mengambil keputusan memberikan sejumlah besar uang kepada serdadu-serdadu itu. Ini tidak ada kebenaran melainkan berbohong.

Mengapa ada banyak sekali berita bohong berada di mana-mana?

A. Termotivasi oleh uang

B. Termotivasi oleh aneka macam kepentingan

C. Ketidaktahuan, kecerobohan

D. Hati yang jahat

SEPERTI LUKAS, bagaimaakah kita menemukan kebenaran bagi diri kita dan orang lain?

1. Perhatikan sumber informasi yang kita terima.

2. Berhati-hati dengan fakta dan kebenaran yang kita temukan.

3. Berdoa memohon bimbingan Roh Kudus

Contoh di Kis. 16:8-10, waktu Paulus dalam perjalanan pelayanandan tiba di Misia, mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi oleh Roh Yesus tidak diizinkan, akhirnya mereka disuruh lewat Makedonia. Dan mereka taat melakukannya.

Demikian firman Tuhan. Tuhan memberkati. Amin!

23
Feb 2020
di Ruang Ibadah
Pkl. 09:00
8
Mar 2020
di Ruang Baptis
Pkl. 11:00
16
Feb 2020
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
9
Feb 2020
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.
2
Feb 2020
Ps. Benny Yulianto, S. Th.
26
Jan 2020
Pdt. Guana Tandjung