Ringkasan Khotbah

10
Nov 2019
Kolose 3:10
Ps. Benny Yulianto, S. Th.

Sebagian orang Kristen dalam kehidupan rohaninya lebih mengejar perkara-perkara duniawi, seperti; mujizat, berkat, dan kemakmuran semata. Ada rencana Tuhan yang lebih besar dan mulia kepada umat manusia yang terkadang tidak begitu menjadi perhatian penting dalam kehidupan orang percaya, yaitu "Pemulihan Kepada Gambar Khaliknya". Alasan Allah memulihkan manusia kepada gambar khaliknya adalah: 1. Karena manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kejadian 1:26). Gambar dan rupa Allah itu rusak ketika manusia jatuh ke dalam dosa dan Allah ingin memulihkannya. 2. Karena manusia berharga di mata Allah. Berharganya manusia di hadapan Allah telah dibuktikan melalui penebusan manusia dari dosa (Yohanes 3:16). Berharganya manusia di mata Allah dibuktikan dengan manusia ditebus di saat masih berdosa (Roma 5:8). Kehendak dan rencana Tuhan tidak berhenti pada penebusan saja tetapi kepada pemulihan manusia kepada gambar khaliknya agar dapat menjadi persembahan yang layak kepada Bapa. Demikianlah gambaran hidup kita yang telah ditebus dari lumpur dosa dan diproses menjadi kudus agar menjadi persembahan yang layak bagi Tuhan (Roma 12:1).Untuk dapat mengalami perubahan, tentu ada tanggung jawab yang harus kita lakukan yang disertai komitmen yang tinggi. Di dalam Kolose 3;5, 8 ada sebuah perintah yang harus kita lakukan, yaitu kata "matikan" dan "buanglah". Jad itu menjadi bagian tanggung jawab yang harus kita kerjakan. Perubahan hidup diawali dari pikiran yang diperbaharui sehingga menghasilkan pengetahuan yang benar. Gambar dan rupa Allah telah diejawantahkan melalui kehidupan Kristus dan firman-Nya. Hendaklah kehidupan kekristenan kita, kita arahkan kepada kehidupan Kristus yang adalah Gambar khaliknya.

1. Menjadi Satu di dalam Kristus (Kolose 3:11). Tidak ada lagi perbedaan: Perbedaan suku bangsa, Perbedaan kaidah, dan Perbedaan sosial.

2. Berkarakter Kristus (Kolose 3:12-13).

3. Mengalami kepenuhan Kristus (Kolose 3:14-17).

- Kepenuhan akan Kasih-Nya

- Kepenuhan akan Damai sejahtera-Nya

- Kepenuhan akan Perkataan-Nya

Efesus 4:13

Marilah kita menghargai hidup kita sebab kita berharga di mata Tuhan. Hiduplah sesuai dengan kehendak dan rencana Tuhan yaitu menuju kepada gambaran khaliknya supaya kita berkenan kepada-Nya. Amin!

10
Des 2019
di Ruang Utama GPA
Pkl. 17:00
14
Des 2019
di Ruang Utama GPA
Pkl. 17:00
16
Des 2019
25
Des 2019
di Ruang Utama GPA
Pkl. 09:00
8
Des 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
1
Des 2019
Ev. Bambang Sulistyo, M.Th.
24
Nov 2019
Ps. Ris Maulany
17
Nov 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.