Ringkasan Khotbah

20
Okt 2019
Efesus 6:4
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.

Orangtua tidak boleh membangkitkan amarah anak-anaknya. Karena itulah, orangtua harus memberi nasihat kepada anak-anaknya serta mendidik anak-anak dalam batas waktu yang tidak terbatas. Disinilah ada proses belajar untuk seumur hidup. Amsal 29:17 katakan mendidik anak hasilnya adalah akan menghasilkan ketentraman dan kesukacitaan.

Hikmah yang kita bisa pelajari dari firman Tuhan ini:

1. Kita tidak bisa memberikan apa yang tidak kita miliki. Orangtua harus punya nilai-nilai firman Tuhan kepada anak-anaknya. Orang harus belajar supaya mampu mengajar anak-anaknya. Seperti anggur yang bisa berbuah lebat kalau ada bijinya.  Biji jatuh ke tanah akan menghasilkan anggur lagi. Kita harus memiliki firman Tuhan dalam hati kita, yang mengubah cara hidup kita. Berbuah berbicara tentang perubahan hidup. Tahu firman Tuhan belum tentu memiliki firman Tuhan.  Seperti imam Eli tidak menegor anak-anaknya yang berdosa, maka hasilnya anak-anaknya jahat semuanya. Imam Eli tahu firman Tuhan, tapi tidak memiliki firman Tuhan makanya ia gagal dalam mendidik anak-anaknya (1 Sam. 3:12-14). Saulus tahu firman Tuhan, tap firman Tuhan itui tidak mengubah hidupnya. Namun setelah bertobat, Paulus memiliki firman Tuhan. Prinsip penting di sini, apa yang Tuhan lihat adalah di masa depan, bukan di masa lalu. Jangan pernah menilai seseorang dari fisiknya, tapi melihatnya di masa depan.

2. Tanamkan prinsip firman Tuhan dalam diri anak-anak kita. Tanggung jawab mendidik anak adalah orangtua, guru sekolah minggu, dan guru di sekolah. Kita harus punya prinsip bahwa anak-anak ini sangat penting dan tugas orangtua memberi model bagaimana hidup yang benar: A. Memberi waktu yang berkualitas (Ul. 11:19). Membangun komunikasi dan hubungan yang baik. B. Teladan, Koreksi dan Disiplin. Menjadi teladan bagi banyak orang. Mengoreksi bukan menunjukkan kesalahan, tapi memberi jalan keluar. Disiplin berarti menegor dengan cara yang benar, supaya kita bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Amin!

10
Nov 2019
Ps. Benny Yulianto, S. Th.
3
Nov 2019
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.
27
Okt 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
20
Okt 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.