Ringkasan Khotbah

6
Jan 2019
Amsal 10:6-11
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.

Salomo menulis 3000 Amsal dan 1005 lagu rohani. Hikmat atau kebijaksanaan Salomo sangat luar biasa pada zaman itu. Hikmat itu dituangkan dalam karya nyata dalam segala perkara hidup ini. Karena karya nyata lebih berguna daripada hanya sekedar perasaan hati. Di sinilah perbuatan baik harus berasal dari hati.

Pertanyaannya, apakah perbuatan baik berdasarkan dunia berasal dari hati? Allah mau perbuatan baik itu berasal dari hati. Perbuatan baik bukan sekedar hal-hal yang diluar, tapi harus lahir dari kualitas/hati seseorang.

Musa berperang dengan bangsa Amalek. Musa mengangkat tangan maka bangsa Israel menang. Apa hubungannya Musa mengangkat tangan dan kemenangan bangsa Israel? Alam roh kita akan menentukan keberhasilan alam jasmani kita, karena Allah adalah sumber berkat. Jadi perbuatan baik ditentukan oleh alam roh kita.

Hati dan pikiran yang baik hanya dimiliki oleh orang baik. Kualitas kebaikan kita harus dari dalam. Tetap berbuat baik walaupun orang lain menyakiti kita. Karena itulah orang baik akan mengubah dunia. Dunia akan terberkati dari hati kita.

Prinsip Berbuat Baik:

1. Kita diciptakan untuk berbuat baik (Ef. 2:10). Orang percaya diciptakan untuk melakukan berbuat baik. Karena Mother Theresa berhati baik, maka dia diutus pergi untuk memberitakan Injil di Calcutta, India. Dan dari Calcutta itulah kebaikan Theresa menyebar ke seluruh dunia. Tutur kata kita harus memberkati orang banyak.

2. Yesus memberi teladan tentang berbuat baik (Kis. 10:38). Perbuatan baik kita karena meneladani Yesus. Perbuatan baik kita karena hati kita sudah diperbarui Yesus dan meneladani Yesus. Perbuatan baik kita tanpa pamrih seperti Yesus yang sudah menyelamatkan kita terlebih dahulu.

3. Kita menuai kebaikan yang kita tabur (Gal. 6:9; Fil. 4:5). Penuaian akan nyata kalau kita tekun berbuat baik. Kebaikan kecil dapat mengubah hidup kita dan orang lain. Penuaian itu harus dilihat oleh banyak orang, supaya Tuhan dimuliakan. Amin.

21
Jan 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 18:00
27
Jan 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 08:30
13
Jan 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
6
Jan 2019
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.
30
Des 2018
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
23
Des 2018
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.