Ringkasan Khotbah

29
Okt 2017
1 Samuel 28:1-20
Pdt. Dr. Subagio M., M. Th.

Daerah Jawa Tengah terkenal dan sangat dekat dengan "dunia mistis". Begitu pula dengan gereja-gereja pentakosta-karismatik dikenal sangat dekat dengan "dunia roh" atau spiritisme. Arti "spiritisme" adalah: (1). Pemujaan kepada roh. (2). Kepercayaan bahwa orang yang hidup dapat berhubungan dengan roh orang mati. (3). Ajaran/cara berhubungan dengan roh orang mati. Berkaitan dengan "pemanggilan roh", pertanyaannya: benarkah kita dapat berhubungan dengan arwah orang mati? Bolehkah orang Kristen percaya kepada "dongeng nenek tua"?

Raja Saul pernah berhubungan dengan dukun wanita di En-Dor. Saul begitu tunduk kepada dukun tersebut. Karena itulah Saul akhirnya kehilangan urapan Allah dan mengalami berbagai kejatuhan dalam dosa.

Saul percaya penampakkan seorang tua yang berselubung dan muncul dari bumi (tanah) adalah arwah Samuel. Itu dikarenakan kata-kata arwah Samuel itu sama persis dengan perkataan Samuel ketika masih hidup. Arwah Samuel berkata bahwa (1). Tuhan telah undur dan menjadi musuh Saul. (2). Tuhan telah mengoyakkan kerajaan Israel. (3). Saul tidak percaya kepada Tuhan.  Namun pertanyaannya, benarkah arwah Samuel bisa dipanggil?

Pertama, ada yang membenarkan bahwa roh/arwah Samuel yang datang kepada Saul. Jadi dapat dikatakan bahwa orang hidup bisa berhubungan dengan arwah orang mati. Namun firman Tuhan melarang untuk memanggil arwah orang mati dan minta petunjuk kepada orang mati.

Kedua, ada yang percaya bahwa Allah yang memunculkan arwah Samuel. Namun demikian, harus dimengerti istilah "orang tua yang berselubung" belum tentu Samuel. Sebenarnya setan yang menipu dan menyamar menjadi Samuel. Munculnya arwah/roh Samuel dari dalam bumi/tanah justru menunjukkan arwah/roh itu bukan dari Tuhan. Alasan lainnya, justru Samuel pada waktu masih hidup melarang orang menyembah roh orang mati.

Aplikasi:j anganlah kita percaya dan melakukan praktek spiritisme. Kepercayaan kepada spiritisme dapat membuat kita semakin jauh dari Tuhan. Marilah kita meminta berkat kepada Tuhan, bukan kepada roh/arwah orang mati. Amin!

25
Agu 2019
di Ruang Ibadah
Pkl. 08:30
18
Agu 2019
Ps. Benny Yulianto, S. Th.
11
Agu 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
4
Agu 2019
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.
28
Jul 2019
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.