Ringkasan Khotbah

17
Sep 2017
Ulangan 9:1-6
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.

Bangsa Israel sudah dekat dengan Tanah Kanaan, setelah berjalan 38 tahun dari Mesir sebelum menyeberangi Sungai Yordan. Generasi pertama bangsa Israel banyak yang sudah mati semua. Sedangkan generasi kedua masih banyak yang belum melihat dan mengalami mujizat Allah. Karena itulah Musa mengingatkan kembali janji-janji Tuhan kepada generasi yang kedua bangsa Israel.

Dalam ayat 1 kata "dengarlah" menunjukkan bahwa Musa mau mengingatkan akan janji-janji Tuhan yang dahulu diterima oleh generasi pertama bangsa Israel. Dalam ayat 2 juga  mengingatkanbahwabangsa Israel akan menghadapi bangsa-bangsa yang besar dan kuat di Kanaan. Namun Tuhan menjanjikan kemenangan bangsa Israel (ayat 3). Dalam ayat 4 bangsa Israel juga akan menghadapi kefasikan bangsa-bangsa itu. Dari ayat 5-6 dikisahkan bahwa Allah akan memenangkan pertempuran-pertempuran bangsa Israel.

Bagi kita, apa yang menjadi "Kanaan" bagi kita sekarang? Masalah sakit penyakit, keuangan, pekerjaan, rumah tangga, danlainsebagainya. Apa yang dahulu terjadi,sekarang menjadi pelajaran bagi Kita.

Bagaimana caranya berjalan menuju Tanah Kanaan atau bagaimana agar dapat mengalami Allah sanggup membalikkan keadaan Kita?

1. Percaya kepada Allah. Ketika Allah berbicara kepada umat-Nya, yaitukita, maka kita harus percaya saja kepada Allah. Kondisi kita mungkin dalam keadaan sulit, tapi kita harus percaya Allah akan menolong Kita untuk membalikkan keadaan. Yesus berkata apa saja yang kita minta kita akan terima dari Tuhan  (Yoh15:7).

2. Jaga perilaku tetap benar. Yusuf selalu tetap jaga sikap sekalipun menderita, sehingga hidupnya mengalami keberhasilan. Kritik, gosip, dan kesusahan lainnya merupakan ujian bagi kita. Allah mau kita berbuah banyak bagi kemuliaan Tuhan. Sikap kita sangat menentukan keberhasilan dalam kehidupan kita.

3. Berjuanglah. Bangsa Israel harus berjuang untuk bisa menduduki Tanah Kanaan dengan menyeberang sungai dan berperang. Semua warisan Tanah Kanaan akhirnya menjadi milik bangsa Israel. Karena Allah sanggup memenangkan perjuangan kita. Amin!

18
Des 2017
di Ruang Rehat
Pkl. 18:00
19
Des 2017
di Ruang Ibadah
Pkl. 17:00
24
Des 2017
di Ruang Baptis
Pkl. 11:00
25
Des 2017
di Ruang Ibadah
Pkl. 17:00
10
Des 2017
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
3
Des 2017
Bp. Bambang Sulistyo, M.Th.
26
Nov 2017
Ps. Dr. dr. Liem Pik Jiang, M. Th.
19
Nov 2017
Ps. Benny Yulianto, S. Th.